Assalamu‟alaikum
Warahmatullahi Wabarakatuh.
Puji syukur
penulis panjatkan kehadirat
Allah SWT yang masih memberikan
nikmat Iman dan Islam kepada kita semua, dan tidak lupa salam serta shalawat semoga tercurah
kepada Rasullah SAW
beserta keluarga dan
para sahabatnya. Alhamdulillah, Tugas remedial “perkembangab IT saat ini dan
perbandingan teknologi dahulu hingga saat ini” ini dapat diselesaikan tepat
pada waktunya.
Oleh
karena itu kritik
dan saran sangat
penulis harapkan demi kesempurnaan
laporan ini di kemudian hari. Langsa, 24 May 2016
Penulis
Nur
Fitriani
2.1 PERKEMBANGAN IT
SAAT INI ………….....………………………………4
Adapun
manfaat yang kita peroleh dari membaca makalah ini sebagai berikut:
1.
Menambah
pengetahuan tentang perbandingan Teknologi dahulu hingga teknologi saat ini
2.
Menambah
wawasan tentang perkembangan IT saat ini
3.
Dapat
mengetahui seluruh informasi dari berbagai perkembangan IT saat ini
4.
Memudahkan
pembaca dalam mengetahui tentang perbandingan teknologi dahulu hingga saat ini
2.1 PERKEMBANGAN
IT SEKARANG
2.1.1
Smartphone sebagai computer
Smartphone saat ini mempunyai
berbagai fitur yang bisa langsung dimanfaatkan. Bahkan kini, Microsoft
mempunyai terobosan baru dengan peluncuran Windows 10. Berkat keberadaan sistem
operasi terbaru itu, sebuah smartphone Windows 10 pun bisa pula dijadikan
sebagai komputer. Dan fitur yang satu ini oleh Microsoft disebut dengan nama
Continuum.
2.1.2 Komputer hologram Hololens
Teknologi augmented reality sudah dikembangkan cukup
lama. Dan pada tahun 2015 lalu, Microsoft membuat terobosan teknologi terbaru
komputer dengan meluncurkan Hololens. Komputer yang satu ini bentuknya seperti
sebuah kacamata. Dan berbeda dengan komputer biasa, Hololens merupakan sebuah
komputer holografik yang bisa menampilkan objek dalam bentuk tiga dimensi.
Gambar 2.1
Komputer hologram Hololens
2.1.3 Komputer tanpa
keyboard dan mouse
Di
era canggih seperti saat ini, komputer bisa pula dijalankan dengan tanpa
keyboard ataupun mouse. Seperti sebuah penemuan teknologi terbaru komputer oleh
HP bernama Sprout PC. Perangkat ini memanfaatkan sebuah teknologi baru yang
disebut HP bernama Touch Mat yang dikombinasikan dengan kamera RealSense 3D dari
Intel. Touch Mat pun berperan sebagai pengganti keyboard serta mouse yang biasa
dijumpai pada komputer.
Gambar 2.2 Komputer
tanpa keyboard dan mouse
2.1.4 Meja Komputer Hologram
Salah satu Teknologi
yang mungkin sering kita lihat konsepnya di televisi ataupun video. Bisa anda
bayangkan, sebuah meja dengan kegunaan seperti alat tulis, mengetik, dan
berbagai fungsi lainnya. OXODesk adalah sebuah alat yang berbentuk seperti meja
yang memungkinkan anda untuk melakukan aktivitas di dalam virtual space.
Sebenarnya OXO Desk ini hamper mirip seperti tablet computer yang memiliki
ukuran HD 40 inci. Namun, untuk memiliki barang ini anda harus merogoh kocek
sekitar $1299.
Gambar 2.3 Meja Komputer Hologram
2.1.5 Portable CPU
Salah satu produsen
computer dan laptop, yaitu ACER beberapa waktu lalu menerbitkan Acer Revo 70,
yaitu sebuah CPU yang memungkinkan untuk dibawa kemana-mana. Karena CPU ini
diklaim memiliki berat hanya 1kg. Walaupun Acer Revo 70 bisa dibilang portable,
namun fiturnya cukup mumpuni. Karena bias dibilang cukup lengkap untuk ukuran
portable. Fitur tersebut adalah Gigabit Ethernet, multi-in-one card reader,
enam USB 2.0 ports, 802.11 b/g/n WiFi, plus D-Sub, HDMI outputs, VGA port,
audio jack, SD card.
Gambar 2.4 Portable CPU
2.1.6 OS Windows 8 Terbaru
Salah satu teknologi
yang baru saja diluncurkan adalah OS Windows 8 yang dikeluarkan oleh Microsoft
beberapa waktu lalu. Dalam Windows 8 kali ini, Microsoft mengeluarkan 4 versi
berbeda untuk beberapa perangkat. Salah satunya adalah untuk desktop dan
Smartphone.OS Windows 8 digadang-gadang memiliki kecepatan melebihi dari OS
sebelumnya. Karena Windows 8 diklaim lebih simple, responsive, dan lebih smart.
Namun, pada faktanya, masih ada beberapa bug yang ditemukan dalam Windows 8
ini.
2.1.7 Wireless
charging
Teknologi ini dating dari perusahaan
intel yaitu teknologi dimana kita dapat melakukan pengisian baterai tanpa harus
menghubungkan perangkat kesumber arus listrik. Intel ingin membuat “charger wireless”
ini seperti , kita saat sedang mencari sinyal wifi di café, restoran , bandara
dan tempat umum lainnya. Berikut gambar laptop mengisi ulang tanpa adaptor
Gambar 2.5 Wireless
charging
2.1.8
Wireless display
Teknologi
ini memungkinkan untuk menghubungkan laptop tanpa kabel ke beberapa monitor
lainnya, wireless display ini dapat berfungsi seperti saat berada dalam
jangkauan. Intel berharap bahwa fungsi ini dapat diterpkan seperti saat
mengadakan pertemuan / pembelajaran dalam ruang kelas. Satu laptop dapat
melakukan streming langsung ke monitor latop lainnya.
Gambar
2.6 Wireless display
2.1.9 Biometric
sensor
Intel akan membuat perangkat lunak
dimana user dapat log in ke situs tertentu melalui otentikasi biometric.Tujuannya
ada 2 yaitu : otentikasi biometric relativae handal dan aman, user tidak perlu
lagi mengingat puluhan password untuk login keberapa situs yang berbeda. Sejauh
ini teknologi ini sudah digunakan perusahaan apple yaitu mengunakan untuk mengotorisasi
pembayaran kartu kredit melalui play apel nya.
Gambar 2.9 Televisi
Dahulu : Televisi
pertama kali diperkenalkan kepada publik Amerika pada tahun 1939. Pecahnya
Perang Dunia II membuat tertundanya pemrograman jaringan komersial di Amerika
Serikat sampai tahun 1940-an. Model tv hitam-putih masih sangat populer,hingga
kemudian pada tahun 1948 Admiral Model 9A111, yang berukuran layar 7 inci dan
terbungkus dalam kotak logam besar empat kali ukuran layar dipasarkan dengan
harga $ 2.495 (setara dengan $22,642.49 hari ini!)
Sekarang: ratusan saluran dengan format HDTV pada
layar 50inch dengan tampilan 3D Sony,serta 42inch Panasonic plasma, LCD Samsung
atau Sharp di ruang tamu Agan2 sekalian bukanlah pemandangan yang luar biasa
Dahulu : Nolan Bushnell mendirikan Atari pada tahun
1972, dan mulai berkembang pada tahun 1975 - ketika Atari mulai menjual game
"Pong", sebuah permainan olahraga dua dimensi g (semacam) simulasi
permainan tenis meja.game inilah yang Membuat "Atari" menjadi
perusahaan besar dalam industri video game saat itu.
Sekarang: kita dapat bermain
game "Halo" dengan teman-teman di berbagai negara, menonton film HD
dgn kualitas Blu-ray, bermain tenis secara simulasi, menurunkan berat badan -
semua itu dapat kita lakukan lewat konsul, PlayStation 3, Nintendo Wii atau
XBOX.
Dahulu
: floppy disk
pertama diciptakan oleh IBM untuk menyimpan data dan program. Floppy disk
masing-masing berukuran 8 inch, 5 1 / 4 inci dan 3 1 / 2 inch dan digunakan
untuk penyimpanan data dari pertengahan tahun 1970-an ke 1990-an. Disket dapat
menyimpan data dari 1,44 MB hingga 6MB.
Sekarang: Sebuah drive micro SD (hampir 10x lebih
kecil dari floopy) dapat menyimpan puluhan giga data.
Dahulu
: Salah
satu komputer paling awal yang paling terkenal adalah ENIAC (Electronic
Numerical Integrator and Computer), komputer elektronik pertama. diluncurkan
pada tahun 1946, dengan bobot 30-ton,serta 6000-switch, 18.000 tabung dan
lemari, dan menempati seluruh ruangan sangat besar.
Sekarang: kita tidak akan kesulitan melihat
laptop super tipis, Netbook, iPad dan segera akan datang Android tablet.
Dahulu
: Pada tahun 1956, Ray
Dolby, Charles Ginsberg, dan Charles Anderson menemukan kamera video yang
menjadi alat/mesin pertama yang merekam gambar dan suara. kamera video ini
kemudian dijual dengan harga $75.000/unit dan hanya dijual kepada jaringan TV
besar sampai pada era tahun 80-an. kamera video warna yang pertama untuk
komersial dikembangkan oleh Sony pada tahun 1980.
Sekarang: kita dapat
Membuat film buatan sendiri dengan kamera HD Flip Video atau Hand-held
Panasonic camcorder yang bisa dikita bawa-bawa di kantong celana kita
Dahulu
: Meskipun
iPod,yg paling terkenal sbg MP3 player yang paling populer di seluruh dunia,
tapi orang yang paling terkenal yang memperkenalkan MP3 player untuk kita saat
ini adalah Nathan Schulhof. Schulhof sering disebut sebagai "ayah dari
industri pemutar MP3" dengan Audio Highway Player. Audio Highway adalah
perusahaan pertama yang memproduksi MP3 player portabel yang memungkinkan
pengguna dapat men-download konten mp3 player mereka sendiri. Audio Highway
memenangkan penghargaan inovasi untuk Listen Up Player di acara CES pada bulan
Januari 1997.tetapi Tentu saja perangkat portable pertama untuk mendengarkan
audio adalah Sony Walkman TPS-L yang diperkenalkan di Jepang pada tahun 1979.
Sekarang: Perusahaan lain
seperti SanDisk Sansa dan Microsoft Zune menawarkan alternatif yang lebih murah
untuk menjadi pesaing Apple.tapi tak bisa di pungkiri iPod-lah yang sekarang
menguasai sebagian besar pangsa pasar untuk MP3 player
Dahulu
: Alexander
Wolcott menemukan kamera pertama, desain ini ia patenkan pada tahun 1840.
Namun, George Eastman memperkenalkan fotografi dan kamera kepada masyarakat
umum sekitar tahun 1885. Eastman memberi nama kamera pertamanya dgn nama
'Kodak'. 'Kodak' adalah kotak kamera dengan lensa tetap dgn kecepatan rana
tunggal. 'Kodak' punya film cukup untuk seratus eksposur dan pada saat itu
harus dikirim kembali ke pabrik untuk diproses.
Sekarang: kita dapat mengambil
gambar instan dengan DSLR Canon yang memiliki fitur full HD (1080p) serta
rekaman video atau layar sentuh dengan Sony Cyber-shot TX9.
Dahulu
: The
Blicksenderfer Manufacturing Company memproduksi mesin tik listrik pertama pada
tahun 1902. Mesin ketik tidak terlalu sukses dipasaran sampai lama kemudian -
ketika IBM merilis Electric Typewriter Model01 pada tahun 1935.selang waktu
tersebut banyak orang menggunakan mesin ketik sampai komputer desktop pertama
membuat benda ini mulai terlupakan.
Perkembangan
komputer dari masa ke masa selalu mengalami peningkatan. Pada awalnya komputer
bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati
pada zaman sekarang. Dulu komputer diciptakan hanya sebagai alat untuk
mempermudah dalam penghitungan atau lebih mudahnya sebagai mesin hitung
matematika. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman komputer ini terus
berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya pada bidang industri dan
penelitian.
3.2. SARAN
Untuk kemajuan
teknologi computer maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu
mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang
kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kratifitas hingga menghasilkan suatu
karya yang berguna bagi manusia.
Diharapkan dengan
adanya teknologi computer dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya
yang mampu mempercerdas bangsa bukannya unutk menghancurkan moral moral bangsa.
aingindra. (2015/1016, 01). teknologi-komputer-terobosan.
Retrieved from flamingosolution.
flamingo. (2015, 01 06). teknologi-komputer-terobosan.
Retrieved from flamingosolution: http://www.flamingosolution.com/2015/01/6-teknologi-komputer-terobosan-terbaru.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar