Rabu, 13 Desember 2017

MAKALAH PERKEMBANGAN TI SEKARANG


Assalamu‟alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji  syukur  penulis  panjatkan  kehadirat  Allah SWT  yang masih memberikan nikmat Iman dan Islam kepada kita semua, dan tidak lupa salam serta shalawat semoga  tercurah  kepada  Rasullah  SAW  beserta  keluarga  dan  para sahabatnya.  Alhamdulillah,  Tugas remedial “perkembangab IT saat ini dan perbandingan teknologi dahulu hingga saat ini” ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
Oleh karena  itu  kritik  dan  saran  sangat  penulis harapkan  demi kesempurnaan laporan ini di kemudian hari. Langsa, 24 May 2016

Penulis


Nur Fitriani
















2.1 PERKEMBANGAN IT SAAT INI ………….....………………………………4














Adapun manfaat yang kita peroleh dari membaca makalah ini sebagai berikut:
1.      Menambah pengetahuan tentang perbandingan Teknologi dahulu hingga teknologi saat ini
2.      Menambah wawasan tentang perkembangan IT saat ini
3.      Dapat mengetahui seluruh informasi dari berbagai perkembangan IT saat ini
4.      Memudahkan pembaca dalam mengetahui tentang perbandingan teknologi dahulu hingga saat ini





                                                                     
2.1 PERKEMBANGAN IT SEKARANG
2.1.1  Smartphone sebagai computer

Smartphone saat ini mempunyai berbagai fitur yang bisa langsung dimanfaatkan. Bahkan kini, Microsoft mempunyai terobosan baru dengan peluncuran Windows 10. Berkat keberadaan sistem operasi terbaru itu, sebuah smartphone Windows 10 pun bisa pula dijadikan sebagai komputer. Dan fitur yang satu ini oleh Microsoft disebut dengan nama Continuum.

2.1.2 Komputer hologram Hololens
Teknologi augmented reality sudah dikembangkan cukup lama. Dan pada tahun 2015 lalu, Microsoft membuat terobosan teknologi terbaru komputer dengan meluncurkan Hololens. Komputer yang satu ini bentuknya seperti sebuah kacamata. Dan berbeda dengan komputer biasa, Hololens merupakan sebuah komputer holografik yang bisa menampilkan objek dalam bentuk tiga dimensi.










Gambar 2.1 Komputer hologram Hololens


2.1.3 Komputer tanpa keyboard dan mouse
Di era canggih seperti saat ini, komputer bisa pula dijalankan dengan tanpa keyboard ataupun mouse. Seperti sebuah penemuan teknologi terbaru komputer oleh HP bernama Sprout PC. Perangkat ini memanfaatkan sebuah teknologi baru yang disebut HP bernama Touch Mat yang dikombinasikan dengan kamera RealSense 3D dari Intel. Touch Mat pun berperan sebagai pengganti keyboard serta mouse yang biasa dijumpai pada komputer.
 










Gambar 2.2 Komputer tanpa keyboard dan mouse


2.1.4 Meja Komputer Hologram
Salah satu Teknologi yang mungkin sering kita lihat konsepnya di televisi ataupun video. Bisa anda bayangkan, sebuah meja dengan kegunaan seperti alat tulis, mengetik, dan berbagai fungsi lainnya. OXODesk adalah sebuah alat yang berbentuk seperti meja yang memungkinkan anda untuk melakukan aktivitas di dalam virtual space. Sebenarnya OXO Desk ini hamper mirip seperti tablet computer yang memiliki ukuran HD 40 inci. Namun, untuk memiliki barang ini anda harus merogoh kocek sekitar $1299.




Gambar 2.3 Meja Komputer Hologram
2.1.5 Portable CPU
Salah satu produsen computer dan laptop, yaitu ACER beberapa waktu lalu menerbitkan Acer Revo 70, yaitu sebuah CPU yang memungkinkan untuk dibawa kemana-mana. Karena CPU ini diklaim memiliki berat hanya 1kg. Walaupun Acer Revo 70 bisa dibilang portable, namun fiturnya cukup mumpuni. Karena bias dibilang cukup lengkap untuk ukuran portable. Fitur tersebut adalah Gigabit Ethernet, multi-in-one card reader, enam USB 2.0 ports, 802.11 b/g/n WiFi, plus D-Sub, HDMI outputs, VGA port, audio jack, SD card.












Gambar 2.4 Portable CPU


2.1.6 OS Windows 8 Terbaru
Salah satu teknologi yang baru saja diluncurkan adalah OS Windows 8 yang dikeluarkan oleh Microsoft beberapa waktu lalu. Dalam Windows 8 kali ini, Microsoft mengeluarkan 4 versi berbeda untuk beberapa perangkat. Salah satunya adalah untuk desktop dan Smartphone.OS Windows 8 digadang-gadang memiliki kecepatan melebihi dari OS sebelumnya. Karena Windows 8 diklaim lebih simple, responsive, dan lebih smart. Namun, pada faktanya, masih ada beberapa bug yang ditemukan dalam Windows 8 ini.


2.1.7 Wireless charging
Teknologi ini dating dari perusahaan intel yaitu teknologi dimana kita dapat melakukan pengisian baterai tanpa harus menghubungkan perangkat kesumber arus listrik. Intel ingin membuat “charger wireless” ini seperti , kita saat sedang mencari sinyal wifi di café, restoran , bandara dan tempat umum lainnya. Berikut gambar laptop mengisi ulang tanpa adaptor













Gambar 2.5 Wireless charging

2.1.8 Wireless display
                Teknologi ini memungkinkan untuk menghubungkan laptop tanpa kabel ke beberapa monitor lainnya, wireless display ini dapat berfungsi seperti saat berada dalam jangkauan. Intel berharap bahwa fungsi ini dapat diterpkan seperti saat mengadakan pertemuan / pembelajaran dalam ruang kelas. Satu laptop dapat melakukan streming langsung ke monitor latop lainnya.






Gambar 2.6 Wireless display


2.1.9 Biometric sensor
Intel akan membuat perangkat lunak dimana user dapat log in ke situs tertentu melalui otentikasi biometric.Tujuannya ada 2 yaitu : otentikasi biometric relativae handal dan aman, user tidak perlu lagi mengingat puluhan password untuk login keberapa situs yang berbeda. Sejauh ini teknologi ini sudah digunakan perusahaan apple yaitu mengunakan untuk mengotorisasi pembayaran kartu kredit melalui play apel nya.







Gambar 2.7 Biometric sensor

2.2 PERBANDINGAN TEKNOLOGI ZAMAN DAHUlU HINGGA SAAT INI
2.2.1 Mobile phone
http://img.timeinc.net/time/photoessays/2010/gadgets_then_now/cell_phones.jpg






Gambar 2.8 Mobile phone

http://img.timeinc.net/time/photoessays/2010/gadgets_then_now/tv.jpg










Gambar 2.9 Televisi
Dahulu :    Televisi pertama kali diperkenalkan kepada publik Amerika pada tahun 1939. Pecahnya Perang Dunia II membuat tertundanya pemrograman jaringan komersial di Amerika Serikat sampai tahun 1940-an. Model tv hitam-putih masih sangat populer,hingga kemudian pada tahun 1948 Admiral Model 9A111, yang berukuran layar 7 inci dan terbungkus dalam kotak logam besar empat kali ukuran layar dipasarkan dengan harga $ 2.495 (setara dengan $22,642.49 hari ini!)
Sekarang: ratusan saluran dengan format HDTV pada layar 50inch dengan tampilan 3D Sony,serta 42inch Panasonic plasma, LCD Samsung atau Sharp di ruang tamu Agan2 sekalian bukanlah pemandangan yang luar biasa


http://img.timeinc.net/time/photoessays/2010/gadgets_then_now/game_console.jpg







Dahulu :    Nolan Bushnell mendirikan Atari pada tahun 1972, dan mulai berkembang pada tahun 1975 - ketika Atari mulai menjual game "Pong", sebuah permainan olahraga dua dimensi g (semacam) simulasi permainan tenis meja.game inilah yang Membuat "Atari" menjadi perusahaan besar dalam industri video game saat itu.
Sekarang: kita dapat bermain game "Halo" dengan teman-teman di berbagai negara, menonton film HD dgn kualitas Blu-ray, bermain tenis secara simulasi, menurunkan berat badan - semua itu dapat kita lakukan lewat konsul, PlayStation 3, Nintendo Wii atau XBOX.
2.2.4 Penyimpan Data (memory)
http://img.timeinc.net/time/photoessays/2010/gadgets_then_now/memory.jpg






Gambar 2.11 Penyimpan Data (memory)
Dahulu :      floppy disk pertama diciptakan oleh IBM untuk menyimpan data dan program. Floppy disk masing-masing berukuran 8 inch, 5 1 / 4 inci dan 3 1 / 2 inch dan digunakan untuk penyimpanan data dari pertengahan tahun 1970-an ke 1990-an. Disket dapat menyimpan data dari 1,44 MB hingga 6MB.
Sekarang:    Sebuah drive micro SD (hampir 10x lebih kecil dari floopy) dapat menyimpan puluhan giga data.

http://img.timeinc.net/time/photoessays/2010/gadgets_then_now/computer.jpg














Gambar 2.12 Komputer

Dahulu :      Salah satu komputer paling awal yang paling terkenal adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer), komputer elektronik pertama. diluncurkan pada tahun 1946, dengan bobot 30-ton,serta 6000-switch, 18.000 tabung dan lemari, dan menempati seluruh ruangan sangat besar.
Sekarang:    kita tidak akan kesulitan melihat laptop super tipis, Netbook, iPad dan segera akan datang Android tablet.

2.2.6 Kamera Video
http://img.timeinc.net/time/photoessays/2010/gadgets_then_now/video_camera.jpg








Gambar 2.13 Kamera Video
Dahulu :    Pada tahun 1956, Ray Dolby, Charles Ginsberg, dan Charles Anderson menemukan kamera video yang menjadi alat/mesin pertama yang merekam gambar dan suara. kamera video ini kemudian dijual dengan harga $75.000/unit dan hanya dijual kepada jaringan TV besar sampai pada era tahun 80-an. kamera video warna yang pertama untuk komersial dikembangkan oleh Sony pada tahun 1980.
Sekarang: kita dapat Membuat film buatan sendiri dengan kamera HD Flip Video atau Hand-held Panasonic camcorder yang bisa dikita bawa-bawa di kantong celana kita

2.2.7 Perangkat Audio Portabel
http://img.timeinc.net/time/photoessays/2010/gadgets_then_now/mp3_player.jpg






Gambar 2.14 Perangkat Audio Portabel
Dahulu :    Meskipun iPod,yg paling terkenal sbg MP3 player yang paling populer di seluruh dunia, tapi orang yang paling terkenal yang memperkenalkan MP3 player untuk kita saat ini adalah Nathan Schulhof. Schulhof sering disebut sebagai "ayah dari industri pemutar MP3" dengan Audio Highway Player. Audio Highway adalah perusahaan pertama yang memproduksi MP3 player portabel yang memungkinkan pengguna dapat men-download konten mp3 player mereka sendiri. Audio Highway memenangkan penghargaan inovasi untuk Listen Up Player di acara CES pada bulan Januari 1997.tetapi Tentu saja perangkat portable pertama untuk mendengarkan audio adalah Sony Walkman TPS-L yang diperkenalkan di Jepang pada tahun 1979.
Sekarang: Perusahaan lain seperti SanDisk Sansa dan Microsoft Zune menawarkan alternatif yang lebih murah untuk menjadi pesaing Apple.tapi tak bisa di pungkiri iPod-lah yang sekarang menguasai sebagian besar pangsa pasar untuk MP3 player

http://img.timeinc.net/time/photoessays/2010/gadgets_then_now/camera.jpg2.2.8 Kamera (foto)









Gambar 2.15 Kamera (foto)
Dahulu :    Alexander Wolcott menemukan kamera pertama, desain ini ia patenkan pada tahun 1840. Namun, George Eastman memperkenalkan fotografi dan kamera kepada masyarakat umum sekitar tahun 1885. Eastman memberi nama kamera pertamanya dgn nama 'Kodak'. 'Kodak' adalah kotak kamera dengan lensa tetap dgn kecepatan rana tunggal. 'Kodak' punya film cukup untuk seratus eksposur dan pada saat itu harus dikirim kembali ke pabrik untuk diproses.
Sekarang: kita dapat mengambil gambar instan dengan DSLR Canon yang memiliki fitur full HD (1080p) serta rekaman video atau layar sentuh dengan Sony Cyber-shot TX9.


http://img.timeinc.net/time/photoessays/2010/gadgets_then_now/typewriter.jpg













Gambar 2.16 Mesin Ketik

Dahulu :    The Blicksenderfer Manufacturing Company memproduksi mesin tik listrik pertama pada tahun 1902. Mesin ketik tidak terlalu sukses dipasaran sampai lama kemudian - ketika IBM merilis Electric Typewriter Model01 pada tahun 1935.selang waktu tersebut banyak orang menggunakan mesin ketik sampai komputer desktop pertama membuat benda ini mulai terlupakan.
Sekarang : MacBook Air, Laptops. netbooks. desktop computers





Perkembangan komputer dari masa ke masa selalu mengalami peningkatan. Pada awalnya komputer bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati pada zaman sekarang. Dulu komputer diciptakan hanya sebagai alat untuk mempermudah dalam penghitungan atau lebih mudahnya sebagai mesin hitung matematika. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman komputer ini terus berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya pada bidang industri dan penelitian.

3.2. SARAN
Untuk kemajuan teknologi computer maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kratifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia.
Diharapkan dengan adanya teknologi computer dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdas bangsa bukannya unutk menghancurkan moral moral bangsa.













aingindra. (2015/1016, 01). teknologi-komputer-terobosan. Retrieved from flamingosolution.
flamingo. (2015, 01 06). teknologi-komputer-terobosan. Retrieved from flamingosolution: http://www.flamingosolution.com/2015/01/6-teknologi-komputer-terobosan-terbaru.html








Tidak ada komentar:

Posting Komentar